Selasa, 19 Juni 2012

Belajar desain grafis dengan Photoshop CS

Langkah 1: Buka sebuah dokumen Photoshop CS. yang saya gunakan yaitu ukuran pixel 800x600, lalu cari gambar model via internet browse aja buanyak kok, saya menggunakannya model seperti ini.


setelah men-Download gambar model tersebut, letakan atau copy-paste gambar pada dokumen dan sekarang kita mulai untuk me-RETOUCH-nya...!!!
Langkah 2: Sekarang bisa kita lihat, gambarnya mungkin agak sedikit DARK /gelap, maka dari itu yang harus kita lakukan pertama adalah membuat model tersebut terlihat cerah /terang (Brighter). Duplikat foto tersebut dengan menekan Ctrl-J dan rubahlah pada menu Blending Normal ke Screen. gampang khan bro..?

It is now better lah. Merge down 2 Layers tersebut dengan menekan Ctrl-E. setelah itu, duplikat lagi Layer tersebut lalu pergi ke Filter>Blur>Gaussian Blur dan gunakan value 4.5 pixels / terserah teman-teman aja, bisa kita kira2 menurut selera kalian.

Langkah 3: Rubahlah blending mode ke Overlay dan merge kedua layer tersebut lalu model tersebut terlihat wonderful tonight...!

Langkah 4: Selanjutnya kita akan memberikan sebuah efek sinar pada foto tersebut. Gunakan Pen tool dan buatlah poin untuk mengelilingi area gelap di area model tersebut. and make some point around the dark areas of the model, untuk membuat path tersebut tidak perlu tepat-tepat banget.
Langkah 5: Convert path tersebut menjadi selected area, kamu bisa menyimpan area tersebut untuk digunakan nanti lain waktu, dengan meng-klik Select>Save Selection
Langkah 6: Buatlah Layer baru dan pergi ke Filter>Render>Clouds dan Filter>Artistic>Plastic Wrap, gunakanlah pilihan default.
Lalu rubahlah blending mode tersebut ke Color Dodge. Dan foto /model tersebut akan terlihat sedikit berbeda dari sebelumnya :
Langkah 7: Pada langkah berikutnya, kita akan memberikan Light Effect pada model. Gunakan Pen tool untuk membuat sebuah curva atau bentuk effek yang akan kita letakan pada model.
  
 
 
Langkah 8: untuk me-Reset warna-warna tekan D dan untuk sebaliknya tekan X. Pilih Brush tool lalu pergi ke Window>Brushes untuk membuka Panel Brush. Pilih sebuah small brush (yaitu 5 pixels) dengan 0% hardness dan pilihkan pada menu Shape Dynamics. Buatlah layer baru, lalu pilih Pen tool lagi, klik kanan dan pilih Stroke Path.pastikan bahwa kita pilih pada menu Simulate Pressure sebelum menekan enter / OK
 
Sebuah curva yang kecil, akhirnya terlihat seperti ini:
 
Langkah 9: Lakukan langkah 8 sekali lagi, tetapi langkah yang satu ini kita klik pada menu Scattering check pada box. (Pastikan kita membuatnya di layer yang baru).
Setelah memilih Stroke Path, kita mendapatkan seperti ini :

Sekarang kita bisa men-Delete path dengan menekan tombol Enter. Dobel klik pada layer kedua, layer baru untuk membuka Layer Style dialog box. Gunakan Outer Glow ikuti pada gambar :
 
Gunakan Eraser tool untuk menghapus area yang terang, pada effek glowing light terlihat seperti mengelilingi model tersebut. Setelah langkah ini, kita mendapatkan hasil seperti ini:
 
Langkah 10: Buatlah sinar effeknya lebih kuat dengan cara men-duplikat layer "glowing dots". Lalu dibuat kebalikannya atau INVERT, tekan Ctrl-I untuk meng-Invert warna-warna tersebut.
 
Rubahlah mode blending ke Overlay. dan inilah hasilnya :
 
Teknik ini dapat dilakukan dalam berbagai langkah. tetapi pada prinsipnya masih sama. saya harap teman-teman dapat menikmati tutorial ini sekaligus mempraktekannya. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar